Tempat Wisata Pulau Kemaro Palembang

Tempat Wisata Pulau Kemaro Palembang

 Pulau kemaro yakni salah satu objek wisata yang patut dikunjungi kalau anda berkunjung ke Tempat Wisata Pulau Kemaro Palembang
Destinasi wisata Pulau Kemaro Palembang

1. Pulau kemaro Palembang

Pulau kemaro yakni salah satu objek wisata yang patut dikunjungi kalau anda berkunjung ke kota Palembang atau kota pempek ini, yang letaknya tidak jauh dari Jembatan Ampera Ikon dari kota palembang ini sendiri atau lebih tepatnya masih terletak di delta Sungai Musi. Nama Pulau Kemaro sendiri diberikan penduduk setempat alasannya yakni tempat ini selalu kering dan tidak pernah basah bahkan ketika air pasang, yang mengakibatkan pulau ini sebagai pulau terapung.
Bagi para etnis Cina lokal yang tinggal di kota Palembang Pulau Kemaro sendiri yakni tempat yang sangat spesial. Hal ini dikarenakan di pulau ini, terdapat pagoda dan kuil-kuil yang menjadi bukti sejarah keberadaan dari etnis cina di negeri sriwijaya ini. Selain itu pulau ini juga sangat berkaitan akrab dengan sebuah legenda yang menyampaikan bahwa tempat ini muncul sebagai bukti cinta Putri Siti Fatimah (putri Raja Sriwijaya) dengan kekasihnya.  Mungkin Kisahnya menyerupai dengan Romeo dan Juliet.

Legenda Yang Ada Di Pulau Kemaro Palembang

 Pulau kemaro yakni salah satu objek wisata yang patut dikunjungi kalau anda berkunjung ke Tempat Wisata Pulau Kemaro Palembang
Legenda pulau kemaro

Legenda ini dimulai pada selesai masa ke-14 ketika seorang pangeran dari Cina, Tan Bu An, tiba ke Palembang untuk belajar. Setelah tinggal di sini selama beberapa waktu, ia jatuh cinta dengan putri Siti Fatimah. Dia kemudian tiba ke istana untuk melamarnya. Orangtua Siti Fatimah memperlihatkan persetujuan namun dengan satu syarat; Tan Bu An harus memperlihatkan hadiah. Tan Bu An kemudian mengutus bawahannya untuk kembali ke China dan meminta semacam hadiah dari ayahnya untuk diberikan kepada Raja. Segera sesudah itu, utusan itu kembali dengan sayuran dan buah-buahan. Tan Bu An terkejut dan murka alasannya yakni ia berharap ayahnya memperlihatkan guci Cina, keramik dan uang.
Dia melemparkan muatan kapal tersebut ke Sungai Musi, ia tidak tahu bahwa bahu-membahu  ayahnya menaruh uang di dalam sayuran dan buah-buahan tersebut. Karena ia aib sesudah mengetahui ihwal kesalahannya, ia mengumpulkan yang telah dibuangnya ke sungai dan Tan Bu An tidak pernah kembali lagi alasannya yakni ia karam bersama dengan sayuran dan buah-buahan tersebut.

Ketika Siti Fatimah mendengar ihwal bencana itu, ia berlari ke sungai dan menenggelamkan diri untuk mengikuti kekasihnya. Sebelum itu, ia meninggalkan pesan: "Jika Anda melihat sebuah pohon tumbuh di sebidang tanah di mana saya tenggelam, ini akan menjadi pohon cinta kita".
Sang putri kemudian karam dan kemudian sebidang tanah muncul di permukaan sungai. Masyarakat setempat percaya bahwa ini yakni makam pasangan kekasih tersebut dan alasannya yakni itu, mereka menyebutnya "Pulau Kemaro" yang berarti meskipun air pasang di Sungai Musi, pulau ini akan selalu kering.
Etnis Tionghoa setempat percaya bahwa nenek moyang mereka, Tan Bun An, tinggal di pulau ini. Oleh alasannya yakni itu, daerah ini selalu ramai selama Tahun Baru Cina. Pada tahun 2006, pagoda dibangun sebagai tempat ibadah dan untuk program lainnya. Pagoda ini mempunyai 9 tingkatan. Oleh masyrakaat lokal pulao kemarau menjadi destinasi wisata yang cukup unik dan eksis apalagi di kalangan para dewasa lokal. Hal ini dikarenakan adanya sebuah pohon yang dipercayai sanggup menciptakan relasi menjadi langgeng. Pohon tersebut oleh masyarakat lokal diberi nama pohon cinta.

Fasilitas di Pulau Kemaro Palembang

 Pulau kemaro yakni salah satu objek wisata yang patut dikunjungi kalau anda berkunjung ke Tempat Wisata Pulau Kemaro Palembang
Klenteng hok tjing rio pulau kemaro

Ada beberapa akomodasi yang berada di daerah wisata pulau delta Musi ini, diantaranya ada Pagoda 9 lantai. Pagoda dengan 9 lantai ini dibangun pada tahun 2006 dan merupakan salah satu bab dari klenteng.
Selain itu ada bangunan Klenteng Hok Tjing Rio yang usianya sudah sangat tua. Klenteng ini dibangun pada tahun 1962 dan merupakan klenteng Tionghoa yang sering disebut Klenteng Kuan Im.
Di depan klenteng, ada makam dari pangeran Cina yang berjulukan Tan Bun An dan makam putri raja yang berjulukan Siti Fatimah. Kedua orang ini yang namanya tersemat sebagai legenda pulau tersebut. 

Cara Menuju ke Pulau Kemaro di Palembang

 Pulau kemaro yakni salah satu objek wisata yang patut dikunjungi kalau anda berkunjung ke Tempat Wisata Pulau Kemaro Palembang
Naik bahtera atau ketek kepulau kemaro

Pulau Kemaro terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Untuk menuju ke Palembang, Anda sanggup mengambil penerbangan ke bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, yang terletak di jalan Tanjung Api-Api. Bandara ini bahkan sanggup diakses dari aneka macam negara menyerupai Malaysia, Singapura, Cina, dan Thailand. Jarak antara bandara dan Sungai Musi yakni sekitar 6 km. Anda sanggup naik taksi atau kendaraan beroda empat sewaan dari bandara.
Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa taksi, nomor telepon taksi Blue Bird di Kota Palembang yakni 0711 – 36 1111 atau 0711 – 36 6450. Ataupun anda juga sanggup memesan jasa layanan ojek online yang sudah tersedia di kota palembang menyerupai grab ataupun gojek untuk menuju ke sentra kota. 
Di Pusat Kota, ada 9 sarana transportasi publik termasuk tujuh bus kota dari aneka macam tujuan yang sanggup membawa Anda ke Ampera dengan biaya kurang lebih hanya Rp5.000,00. Ataupun angkot. Untuk rute perjalanan angkot bisa anda lihat semoga tidak tersesat.
Dari Pasar 16 ataupun benteng kuto besak, Anda sanggup menggunakan bahtera atau menyewa bahtera cepat atau ketek yang akan memakan waktu sekitar 30 menit dari Jembatan Ampera menuju pulau kemarau ini. Harga sewa bahtera motor tersebut sekitar Rp 150 ribu pp. Harga sanggup berubah sewaktu-waktu.
Ada juga sebagian wisatawan sanggup mendapat harga sewa bahtera yang lebih murah. Semua tergantung dari kepandaian Anda dalam menawar harga. Satu bahtera motor sanggup mengangkut kurang lebih 10 orang. Sambil menunggu keberangkatan anda sanggup menikmati masakan makanan yang ada di sepanjang sungai musi ini yang rasanya lezat dan beragam, ataupun sanggup belanja terlebih dahulu. Selama perjalanan anda sanggup menikmati pemandangan yang ada. Jangan lupa infinit kan kenangan anda. Apalagi pada dikala kita berada di bahtera atau ketek dengan backgroud jembatan ampera dibelakang kita niscaya akan terlihat lebih indah.
 Pulau kemaro yakni salah satu objek wisata yang patut dikunjungi kalau anda berkunjung ke Tempat Wisata Pulau Kemaro Palembang
Bersama teman lebih asik

Hal yang harus diperhatikan kalau berkunjung kepulau kemaro Palembang

1.Sebaiknya wisatawan membawa payung untuk berjaga-jaga jikalau hujan turun.

2.Memakai topi dan kacamata hitam akan menciptakan Anda merasa lebih nyaman.

3.Di Pulau Kemaro tidak terdapat mesin ATM, oleh alasannya yakni itu bawalah uang tunai secukupnya untuk bertransaksi atau hanya sekedar untuk melepaskan dahaga di salah satu warung sederhana yang berada di pulau ini.

4.Cobalah makanan yang lezat terdapat di pulau kemarau ini. Atau pun kalau ingin lebih ekonomis sanggup membawa bekal terlebih dahulu.

5.Lebih asik kalau ke pulau kemarau ini bersama-sama teman maupun orang tersayang.

6.Dipulau kemarau ini juga cantik sebagai sarana tempat diskusi atau family gathering yang cukup nyaman baik bagi komunitas maupun organisasi.

7.Dan yang paling penting ialah buanglah sampah pada tempatnya.

 Pulau kemaro yakni salah satu objek wisata yang patut dikunjungi kalau anda berkunjung ke Tempat Wisata Pulau Kemaro Palembang
Admin di Pulau Kemaro

Akhir kata

Itulah ia mengenai destinasi wisata pulau kemaro yang ada di kota palembang sumatera selatan.

0 komentar