Rekomendasi Kawasan Wisata Di Banyuasin

Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin

Banyuasin Tergolong Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, yang dulunya berada di wilayah Kabupaten Musi Banyuasing. Lalu pada 2002 terjadi pemekaran dan bangun menjadi Kabupaten sendiri. Kabupaten Banyuasin dengan motto "Bumi Sedulang Setudung" dengan Ibukota Pangkalan Balai. Letak Geografis Kabupaten Banyuasin terletak pada posisi antara 1,30° - 4,0° Lintang Selatan dan 104° 00’ - 105° 35’ Bujur Timur yang terbentang mulai dan bab tengah Propinsi Sumatera Selatan hingga dengan bab Timur dengan luas wilayah seluruhnya 11.832,99 Km2 atau 1.183.299 Ha. Letak Geografis Kabupaten Banyuasin yang demikian yang menempatkan Kabupaten Banyuasin pada posisi potensial dan strategis dalam hal perdagangan dan industri, begitupun dalam hal pariwisata. Kabupaten banyuasin mempunyai daerah wisata yang menarik. Salah satu ikon daerah wisata di Sumatera Selatan yang cukup terkanl ada di Kabupaten Banyuasin, yakni Taman Nasional Sembilang. Selain itu juga masih banyak tempat-tempat menarik yang akan memanjakan kau di hari libur. Berikut ini daftar daerah wisata di Kabupaten Banyuasin.

Bom Berlian

 Tergolong Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
bom berlian

Lokasinya yang berada di sentra Kota Banyuasing, yakni Pangkalan Balai dulunya yaitu sebagai daerah kumuh dan juga sering terkenan banjir. Tapi sekarang dirubah menjadi daerah wisata di Sumatera Selatan yang bisa diandalkan oleh Kabupaten Banyuasin. Wisatawan bisa menikmati alam pedesaan dan juga wisata air rawa. Seperti banyak burung-burung ibarat kuntul yang terbang kesana kemari dan juga menyusuri sungai rawa dengan pemandangan nan hijau di sekelilingnya. Cukup menarik memang terutama untuk wisata keluarga alasannya lokasinya yang cukup gampang untuk dijangkau dan bersahabat dengan pusat Kota Pangkalan Balai.

Danau Air Batu

 Tergolong Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
danau air batu

Pengin selfie dengan background air danau warna toska?? Datang saja di Danau Air Batu yang berada di Desa Air Batu, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Talang Kelapa. Danau bekas galian tanah ini sekarang menyisakan kubangan besar yang justru mempunyai warna air yang sangat eksotis. tebing bekas galian yang mempunyai ornamen alami kerikil semakin menambah kesan artistik daerah wisata di Sumatera Selatan ini. Untuk menuju lokasi Danau Air Batu sangatlah mudah, dan bisa dilalui kendaraan tanpa harus berjalan kaki cukup jauh.

Desa Sungsang

 Tergolong Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
sungsang
Lokasinya cukup strategis sebagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Banyuasing yang juga di juluki sebagai Kampung Nelayan.. Potensi ibarat wisata bahari, atau sebagai wisata air sangatlah besar dan bisa menarik minat wisatawan utnuk mengunjunginya. Kamu bisa berkeliling menikmati keindahan hutan bakau di Desa Sungsang dan memancing ikan-ikan besar yang menghuni hutan bakau. Selain itu potensi akan masakan ibarat makan khas pempek Sungsang juga sangat terkenal. Makara saat kau mengunjungi daerah wisata di Sumatera Selatan ini kau juga bisa menikmati kelezatan makanan khas dari Desa Sungsang, yang berada di dalam Kecamatan Banyuasin II.
BACA JUGA 25 REKOMENDASI WISATA DI LAHAT

Hutan Kemampo

 Tergolong Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
hutan kemampo
Awal dibuatnya destinasi wisata Hutan Kemampo yaitu sebagai wisata edukasi, terutama bagi pelajar untuk memahami arti pentingnya hutan dan juga pengenalan banyak sekali macam pepohonan. Selain sebagai wisata edukasi, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam hutan konservasi. Yang awalnya ada beberapa area permaian ibarat flying fox yang ada di daerah wisata di Sumatera Selatan ini. Namun yang cukup disayangkan yaitu masih ada saja perambah hutan yang dilakukan segelintir orang yang merusak inspirasi awal dari konservasi hutan. Lokasi Hutan Kemampo ini terletak di Kelurahan Kayuara Kuning, dan berada di Kecamatan Banyuasin III.

Hutan Suaka Margasatwa Padang Sugihan

 Tergolong Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
suaka marga satwa banyuasin
Salah satu konservasi dlora dan fauna yang dimiliki Kabupaten Banyuasing yaitu Hutam SM Padang Suhian. Salah satu penghuni terbanyak yang ada di hutan ini yaitu gajah Sumatera yang memungkinkan kau untuk melihatnya lebih dekat. Hal yang sangat mengasyikkan memang saat kau mengisi hari libur kau dengan mengunjungi daerah wisata di Sumatera Selatan ini. Selain kau lebih bersahabat dengan alam khususnya hutan dengan pepohonan yang besar, kau juga bisa menyaksikan banyak sekali aktifitas gajah Sumatera. Lokasinya berada di Desa Sebokor, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Air Kumbang.
BACA JUGA 20 TEMPAT WISATA MUARA ENIM

Monumen Front Langkan

 Tergolong Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
front langkan

Sebuah kehormatan bagi para pejuang dalam mempertahankan NKRI dari kolonialisme Belanda dijadikan sebagai Monument Front Langkan. Dan menjadi saksi bisu atas gigihnya para pejuang dalam peperangan yang berlangsung selama 5 hari di Desa Langkan, Kecamatan Banyuasin III. Di daerah wisata di Sumatera Selatan ini biasanya saat memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus, sering diadakan renungan suci. Sebagai bentuk penghormatan dan juga penghargaan bagi para pejuang saat itu. Dan sekarang juga sebagai spot terbaik bagi wisatawan yang tiba dari luar Kabupaten Banyuasin, setidaknya sebagai wisata sejarah dan juga selfie pastinya.

Taman Nasional Sembilang

 Tergolong Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuasin
taman nasional banyuasin

Fungsi dari Taman Nasional Sembilang memang tidak hanya sekedar hutan lindung saja. Tapi juga sebagai hutan produksi, hutan satwa, dan juga sebagai daerah wisata di Sumatera Selatan yang diandalkan Kabupaten Banyuasin. Berbagai fauna ibarat harimau Sumatera juga beraanak pinak di hutan ini. Dan yang paling menarik adalah, saat demam isu tertentu Taman Nasional Sembilang ini menjadi daerah migrasi burung-burung dari banyak sekali jenis, dan jumlahnya pun ribuan. Menjadi daya tarik ternsdiri memang, kau tidak hanya menikmati hutan lindung saja, atau sekedar mengelilingi hutan lembap saja, tapi juga bisa melihat ribuan kawanan burung yang berimigrasi.

0 komentar