8 Cara Jepang Atasi Peristiwa Alam

8 Cara Jepang atasi Bencana Alam

Sebagai salah satu negara maju jepang sudah memiliki teknologi yang sangat canggih diduni 8 Cara Jepang atasi Bencana Alam
bencana alam
Sebagai salah satu negara maju jepang sudah memiliki teknologi yang sangat canggih didunia bahkan bisa menciptakan robot yang mirip insan lo. Walaupun demikian negara samurai ini juga sering terkena petaka yang salah satu mungkin paling anda ingat yakni problem tsunami yang terjadi beberapa tahun belakangan di negara jepang. Walaupun demikian jumlah korban sanggup dikategorikan cukup sedikit untuk petaka mirip tsunami tersebut.
baca juga anjuran berdoa ketika gempa bumi sesuai sunnah
Ternyata oh ternyata negara jepang telah melaksanakan meminimalisir akan jatuhnya korban pada jauh-jauh hari dengan cara yang patut untuk ditiru oleh indonesia. Karena indonesia juga merupakan negara kepulauan yang sering terkena musibah tragedi alam.  Lalu anda mungkin bertanya dan heran bagaimana jepang bisa mengatasi dan meminimalisir jumlah korban akhir tragedi alam?. Berikut ini saya rangkum cara jepang atasi petaka yang di negaranya.

1. Membuat seluruh bangunan tahan gempa bumi

Sebagai salah satu negara maju jepang sudah memiliki teknologi yang sangat canggih diduni 8 Cara Jepang atasi Bencana Alam
rumah tahan gempa
Hampir seluruh rumah di jepang diwajibkan untuk tahan gempa dan petaka lainnya. Untuk membangun sebuah rumah di negara jepang harus memenuhi persyaratan yang ketat mirip rumah tersebut dihentikan hingga roboh hingga 100 tahun kedepan dan juga tidak akan rusak selama 10 tahun semenjak dibangunnya bangunan tersebut. Jumlah korban meninggal dunia selain disebabkan oleh petaka juga disebabkan oleh bangunan rumah yang runtuh akhir tidak tahan baik oleh lantaran gempa ataupun lantaran konstruksinya yang tidak memadai.

2. Membuat sistem peringatan pada smartphone

Sebagai salah satu negara maju jepang sudah memiliki teknologi yang sangat canggih diduni 8 Cara Jepang atasi Bencana Alam
akibat tsunami
Negara jepang telah menciptakan sistem peringatan pada smartpohe. Sebagai negara maju jepang memilki teknologi yang memadai terutama prihal smartphone mereka yang sudah canggih. Untuk menimalisir jumlah korban negara jepang menciptakan sistem peringatan yang akan hingga kepada para pemilik smarphone sekitar 5 hingga 10 detik sebelum terjadinya tragedi alam. Hal ini cukup efektif terlebih lagi dinegara jepang hampir sanggup dikatakan seluruh warganya memakai smartphone.

3. Sensor gempa pada Transportasi umum

Sebagai salah satu negara maju jepang sudah memiliki teknologi yang sangat canggih diduni 8 Cara Jepang atasi Bencana Alam
bencana alam
Dinegara jepang transportasi umum terutama kereta api shinkansen telah dilengkapi dengan suatu sensor yang sanggup mendeteksi petaka yang akan terjadi. Jika terjadi gempa bumi maka kereta tersebut akan berhenti beroperasi sehingga jatuhnya jumlah korban akan berkurang.

4. Informasi update petaka di siaran televisi

Hal ini yang sangat patut untuk ditiru di indonesia. Dinegara jepang pada ketika akan terjadi tragedi alam. Seluruh stasiun televisi akan beralih ke program darurat yang menyiarkan mengenai isu petaka tersebut. Dengan mendapat isu yang memadai dibutuhkan para penduduknya sanggup menyelamatkan diri dengan mengunsi di area yang lebih aman.

5. Pelatihan penyelamatan semenjak dini

Anak-anak dinegara jepang telah dilatih dan diperkenalkan wacana bagaimana cara menghadapi bila terjadi tragedi alam. Pelatihan ini juga masuk ke dalam kurikulum pendidikkan dinegara jepang biar sanggup memastikan warganya terbiasa dan bisa bertahan hidup bila terjadi tragedi alam.

6. Menyiapkan peralatan bertahan hidup

Di negara jepang pemerintah telah menyiapkan sebuah ransel yang berisikan senter, obat-obatan, selimut, tali, radio, toilet portable, dan juga sejumlah masakan yang telah disediakan untuk disantap ketika terjadi tragedi alam. Ransel darurat ini telah dibagi-bagikan oleh pemerintah ke setiap rumah warga. Peralatan dalam ransel cukup membantu warganya bertahan hidup 3 hingga hingga 7 hari. Dan juga setiap sentra penyelamatan telah dilengkapi dengan peralatan yang lengkap dan super canggih siap sedia.  

7. Membuat kanal terowongan air

Pemerintah jepang telah membangun terowongan air yang akan menyerap semua banjir, tsunami yang lalu akan disalurkan ke sungai edo. Tak tanggung-tanggung untuk membangun proyek ini negara jepang menghabiskan dana 3 miliar dollar AS. Hal ini sesuai dengan apa yang didapatkan dari manfaat besar dari terowongan ini.
baca juga 6 cara jitu biar tidak berhenti menulis artikel

8. Memberikan training penanganan tragedi alam

Peran ibu rumah tangga sangat penting oleh lantaran itu pemerintah jepang telah menawarkan training kepada ibu-ibu  dalam menangani tragedi yang diterima oleh negara jepang. Para ibu-ibu dijepang telah dilatih wacana bagaimana menyelamatkan diri dan mengevakuasi bila terjadi tragedi alam. Selain itu juga ibu-ibu dijepang harus rutin mengecek ransel darurat dan mengganti barang yang sudah rusak ataupun kadawarsa.

0 komentar